FACEBOOK
Sejarah Ringkas Lahirnya Facebook
Facebook adalah sebuah situs
jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook
didirikan oleh Mark Zuckerberg (lihat lampiran gambar 1.1) seorang
mahasiswa Harvard, fungsiya sebagai media untuk saling mengenal bagi para
mahasiswa Harvard.
Dalam waktu dua minggu setelah
diluncurkan, separuh dari mahasiswa Harvard telah memiliki akun Facebook. Tidak
hanya itu beberapa kampus lain juga dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg
pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membatu mengembangkan
Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam
jaringannya. Dalam waktu empat bulan setelah diluncurkannya, Facebook telah
memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesa tersebut, Zuckerberg
dan kedua temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa
apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto, Zuckerberg
berhasil bertemu dengan Sean Parker, dan dari hasil pertemuan tersebut
Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan
Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel
(cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu
US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah akun di Facebook terus
melonjak, sehingga pada pertengahan tahun 2004 Friendster mengajukan tawaran
kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg
pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran
tersebut sebab tidak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi
sebesar 12,7 juta US Dollar dari Accel Pathners. Dan semenjak itu sokongan dana
dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005, Facebook tidak
lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa, Facebook juga membuka
jaringannya untuk siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka
jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya September 2006 sampai
Sekarang Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat
e-mail.
Tampilan Facebook
Facebook merupakan jejaring sosial
yang sering berubah tampilan, Facebook yang kita kenal sekarang berbeda dengan
Facebook yang pertama kali dibuat, misalnya dalam masalah fitur dan tampilan
desainnya, mungkin itu salah satu strategi mereka dalam menyediakan kebutuhan
pengguna dan bertujuan agar pengguna tidak bosan. Silahkan bandingkan tampilan
Facebook waktu masih bernama Thefacebook.com
Bagian-bagian Utama Facebook
1. Beranda/Home
Di bagian
beranda ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti membaca semua
berita masuk baik itu upload foto, postingan status teman-teman
facebooker, dan sebgainya; kita juga bisa mengganti (update) status di
beranda ini; men-add teman baru yang mungkin kita kenal; memberikan komentar
atau sekedar menyukai status dan foto baru teman; dan lain sebagainya.
2. Profil
Profil
dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu kanan, tengah, dan kiri. Bagian kanan
terdapat tempat iklan; bagian tengah adalah wall (dinding) yaitu tempat
yang menampilkan informasi tentang kegitan apa saja yang kita lakukan,
postingan status-status kita, dan lain sebagainya; bagian kiri terdapat foto
profil, kita bisa menggantinya sesuai keinginan, menyunting informasi data
diri, dan menampilkan teman-teman, hasil kuis dan aplikasi yang kita gunakan.
3. Akun/Account
Pada
bagian ini kita bisa mengedit data pribadi kita. Misalnya kita ingin mengganti
password atau alamat e-mail.
Dampak
Facebook
Sudah sewajarnya, setiap teknologi
baru, apapun bentuknya, pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga
dengan Facebook punya dampak positif dan negatif. Berikut ini beberapa dampak
positif dan negatif dari pengguna Facebook menurut salah satu situs blog antara
lain:
Ø Dampak
Positif Facebook
1. Mempererat silaturahmi
Mempererat
silaturahmi merupakan salah satu manfaat Facebook yang paling bisa kita
rasakan. Kita bisa berhubungan langsung dengan orang-orang terdekat kita
meskipun dalam jarak jauh, bahkan dengan Facebook kita bisa menemukan kembali
orang-orang yang pernah kita kenal di masa lalu.
2. Mengetahui potensi diri
Dalam
Facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat. Yang bisa mengasah dan menguji
seberapa besar kecerdasan IQ, EQ, dan SQ kita. Namun kita tetap harus waspada
karena sebagian kuis yang terdapat di Facebook mengandung unsur-unsur ramalan,
dan sudah tentu kita paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah
kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.
3. Media promosi
Jelas,
Facebook bisa digunakan sebagai media promosi, baik itu mempromosikan media
jasa, instansi atau produk rumahan (housemade).
4. Sarana diskusi
Di
Facebook kita bisa bergabung di berbagai komunitas/grup.
5. Tempat berbagi cerita (Curahan Hati)
Sebagai
manusia normal, tentunya kita akan selalu dikelilingi dengan berbagai
problematika hidup, dan sebagai makhluk sosial kita tentu ingin saling berbagi
cerita dengan yang lain, salah satu wadah untuk curhat yang paling
tepat adalah Facebook. Dengan hanya memperbarui (update) status di
beranda Facebook, teman-teman yang peduli biasanya akan memberikan komentar di
status kita yang isinya bisa saja dengan sekedar memberikan semangat atau
bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah.
Ø Dampak
Negatif Facebook
1. Adanya waktu yang terbuang sia-sia
Lebih
banyak waktu yang terbuang sia-sia untuk hal yang kurang bermanfaat, biasanya
kita lupa waktu ketika sedang asyiknya berfacebook ria. Facebooker yang
seperti ini biasa disebut Sindrom Facebookholic alias kecanduan.
2. Boros uang
Dampak
yang satu ini tentu tidak bisa dihindari, apalagi mereka yang online
dengan memanfaatkan jasa penyedia jaringan internet dan wireless seperti warnet
atau warung/café/restauran yang menyediakan hotspot dan mereka yang
memanfaatkan telepon genggam (handphone) untuk berfacebookan. Ini tentu
membutuhkan biaya lebih.
3. Malas belajar
Facebook
memang menyenangkan, tetapi kita tidak boleh melalaikan pekerjaan-pekerjaan
yang lainnya, ini berarti secara tidak langsung kita mengalami apa yang namanya
pembodohan yang menyenangkan.
4. Memicu pergaulan bebas tanpa batas
Kita
ketahui bersama bahwa Facebook itu adalah dunia maya, dunia tanpa batas,
seseorang bisa menjadi apa saja dan berbuat apa saja. Maka tentunya kita harus
mawas diri dengan tetap menjaga pergaulan kita di arah yang positif.
Kesimpulan
Facebook
adalah salah satu situs jejaring sosial yang banyak diminati dari segala
kalangan. Bukan hanya karena tampilan yang menarik, penggunaannya mudah tetapi
juga aplikasi yang ada didalamnya lebih lengkap. Tidak heran jika hampir setiap
orang khususnya kalangan remaja memiliki akun Facebook. Sama halnya dengan hal
yang lain, Facebook yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg yang bertujuan
baik sebagai salah satu sarana komunikasi mudah, malah disalah gunakan oleh
pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, hal ini yang menyebabkan sebagian
kalangan lainnya kontra akan kehadiran Facebook, puncaknya ketika ada isu fatwa
haram Facebook.
Facebook
selain memiliki dampak positif juga tentu memiliki dampak yang negatif
seperti waktu yang terbuang percuma, malas, boros uang, melalaikan tugas yang
lain. Jadi sebagai makhluk intelektual hendaklah kita bisa mengendalikan sikap
kecanduan atas situs jejaring sosial ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar