TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Manusia
memiliki dua fungsi kedudukan dalam kehidupan ini yaitu sebagai makhluk
individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan untuk
berkomunikasi diantara sesamanya dan merupakan kebutuhan penting agar dapat
melakukan interaksi dengan baik. Atas dasar itu manusia menciptakan sistem dan
alat untuk dapat berinteraksi, mulai dari gambar (bentuk lukisan), isyarat
(tangan, asap dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan
telepon dan internet.
Perkembangan
sistem informasi dalam kehidupan manusia seiering dengan peradaban manusia itu
sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi (IT/Information
Technology). Dimulai dari bentuk gambar-gambar tak bermakna pada dinding-dinding,
prasasti-prasasti, sampai informasi yang kemudian dikenal dengan internet.
Informasi
yang dikelola dan disampaikan dan juga terus dikembangkan, dari informasi yang
sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi
strategis seperti taktik perang.
Saat ini
teknologi informasi dan komunikasi bekembang sangat pesat sehingga dimanfaatkan
dalam berbakai aktivitas karena dapat memudahkan pekerjaan kita. Tetapi jika
teknologi informasi dan komunikasi memiliki dampak yang positif bagi kehidupan,
itu juga berarti memiliki dampak negatif.
v Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi
informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang
strategis untuk mengambil keputusan.
Teknologi
komunikasi merupakan perluasan dari ilmu komunikasi dengan basis teknologi seperti wireless,
internet, faximille, komputer dan sebagainya. Dengan adanya teknologi tersebut
diharapkan tidak ada lagi batasan waktu/jarak dalam berkomunikasi.
Teknologi
informasi dan teknologi komunikasi tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling
mendukung. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan
teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi
seperti informasi
tentang kesehatan, hobi, rekreasi dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti
sains, teknologi,
perdagangan, berita, bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara
pribadi atau
kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
v Hubungan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dengan Dunia
Pendidikan
Pada saat
ini teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki banyak bidang dalam kehidupan manusia,
termasuk dalam bidang pendidikan. Pada zaman dahulu mungkin kebanyakan sistem pendidikan
adalah mengandalkan tatap muka antara guru dan murid, dosen dan mahasiswa, pelatih
dengan peserta latihan, bagaimanapun merupakan sasaran empuk yang paling mudah
menjadi sasaran bagi suara-suara kritis yang menghendaki peningkatan kulitas
pada dunia pendidikan, dan jika seandainya peserta didik tersebut ingin belajar
dari buku, mungkin jaman dulu harus pergi ke perpustakaan dan mencari buku yang
dikehendaki dengan mencari satu persatu sehingga memakan waktu yang cukup lama.
Ketidakefektifan adalah kata yang paling cocok untuk sistem ini, sebab seiring
dengan perkembangan zaman, pertukaran informasi menjadi semakin cepat dan
instan, namun institut yang masih menggunakan sistem tradisional
ini mengajar (di jenjang sekolah tinggi kita anggap memberikan informasi)
dengan sangat lambat dan tidak seiring dengan perkembangan IT.
Pada jaman sekarang
penggunaan teknologi informasi khususnya komputer kini sudah menjadi mata
pelajaran wajib disekolah-sekolah, mulai sekolah dasar hingga ke sekolah
lanjutan atas dan sekolah kejuruan. Namun, demikian yang paling besar
pengaruhnya adalah di Perguruan Tinggi, dimana hampir semua perguruan tinggi di
Indonesia sudah memanfaatkan teknologi ini dalam perkuliahannya, baik melalui
tatap muka maupun secara online. Sebagai contoh seorang dosen dalam
menyampaikan materinya tidaknya hanya mengandalkan media konvensional saja,
melainkan sudah menggunakan unsur teknologi di dalamnya. Biasanya seorang dosen
atau guru di Perguruan Tinggi tertentu dalam menyampaikan materi kuliah
ditampilkan dalam bentuk slide presentasi dengan bantuan komputer.
v Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Pendidikan
Teknologi
informasi tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan, sebab pendidikan
merupakan kebutuhan manusia dan informasi juga demikian. Teknologi informasi
yang paling kontras saat ini adalah internet. Adanya internet memudahkan
kita mengakses informasi yang awalnya sulit untuk didapatkan. Bahkan informasi
yang didapatkan pun tidak memerlukan waktu seperti saat kita mencari informasi
di perpustakaan yang manual. Sudah banyak sekali bukti internet memudahkan kita
dalam mengerjakan tugas.
Setelah
adanya internet, orang berfikir untuk mengadakan aktivitas pendidikan yang
berbasis internet, dan lahirlah beberapa aplikasi yang sebenarnya sudah
digunakan dinegara lain, diantaranya :
1.
E-learning, yaitu suatu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi
dan informasi khususnya internet. E-learning juga merupakan jaringan dengan
kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar
atau informasi sehingga dapat menyampaikan pembelajaran dalam jangkauan yang
luas.
2.
Distance Learning
(online), pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan
metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari
aktivitas belajar yang dapat berupa jarak fisik. Pada sistem pendidikan
pelatihan ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak harus berada dalam
lingkungan geografi yang sama.
3.
Cyber University/Virtual
University, dapat menyediakan pembelajaran yang dapat diakses oleh orang
banyak. Cyber university/virtual university merupakan format distance learning
yang memberikan gelar (degree kepada pesertanya). Cyber university dapat
menghubungkan beberapa universitas untuk sharring resources, meningkatkan
kemampuan dan kualitas bersama serta tidak adanya batasan wilayah.
4.
Perpustakaan Digital, dalah
sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung
akses obyek inforamsi tersebut melalui perangkat digital. Layanan ini dapat
mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi obyek informasi seperti
dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat dan
akurat.
v Kendala-kendala Dalam Penerapan Aplikasi Teknologi Informasi
Teknologi
informasi memiliki manfaat yang sangat banyak. Tapi, selain itu masih banyak
kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri. Diantaranya :
1. Kurangnya ketersediaan sumber daya manusia
2. Kurang siapnya proses transormasi teknologi
3. Belum memadainya infrastruktur telekomunikasi
4. Belum memadainya perangkat hukum yang mengaturnya
5. Memerlukan biaya yang cukup tinggi
6.
Belum meratanya jaringan di
seluruh Indonesia
v Kesimpulan
Pada saat
ini teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki banyak bidang dalam
kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Hadirnya teknologi
informasi terutama internet memiliki dampak positif dan negatif. Adapun dampak
positif dari teknologi informasi dan komunikasi bari dunia pendidikan yaitu :
1.
Teknologi informasi
mempermudah dalam pendidikan, baik dalam proses,penerapan pemahaman serta
penguasaan dibidang pendidikan.
2.
Teknologi adalah tolak
ukur kemajuan.
3.
Pendidikan dapat dilakukan
meskipun jarak fisik antara pendidik dan peserta didik berjauhan.
4.
Peserta didik dapat
memperoleh materi pendidikan lebih cepat.
Selain
itu, ada juga dampak negatifnya, yaitu :
1.
Penyebab utama sikap malas
karena kemudahan yang diberikan.
2.
Menjadi konsumtif karena
teknologi informasi menyediakan hal yang serba instan, otomatis berpengaruh
pada pikiran kita seakan – akan teknologi adalah kebutuhan primer yang kemudian
berpengaruh pada lifestyle.
v Saran-saran
1.
Mengingat jamannya segala
teknologi dan disetiap sekolah pelajaran TIK sudah diwajibkan, diharapkan
setiap sekolah mempunyai fasilitas komputer yang lengkap sehingga siswa tidak
hanya diajarkan teori saja karena teknologi informatika pada dasarnya 75%
Praktek dan 25 % diberikan teori,
2.
Untuk guru bidang Studi
TIK sebaiknya khusus dari Sarjana ST karena dengan demikian guru tersebut
mengerti apa-apa yang sebenarnya harus di berikan dalam proses belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Kuyud (2008). Dampak Positif dan Negatif Akibat Perkembangan
Teknologi Internet. From
: http://yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatifakibat- perkembangan-teknologi-internet/,
28 Oktober 2010
Setiawan, Wawan (2009). Pengantar
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : UPI Press.
Deksa
(2008). Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi. From : http://deksa-teknologi.blogspot.com/2008/09/dampak-positif-dan-negatifperkembangan. html, 28
Oktober 2010
Ida
(2008). Implikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan.
From : http://idakirei.wordpress.com/2008/06/04/implikasi-teknologi-informasi
dankomunikasi-
dalam-dunia-pendidikan/, 28 Oktober 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar