Selasa, 29 November 2011

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Manusia memiliki dua fungsi kedudukan dalam kehidupan ini yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan untuk berkomunikasi diantara sesamanya dan merupakan kebutuhan penting agar dapat melakukan interaksi dengan baik. Atas dasar itu manusia menciptakan sistem dan alat untuk dapat berinteraksi, mulai dari gambar (bentuk lukisan), isyarat (tangan, asap dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet.
Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiering dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi (IT/Information Technology). Dimulai dari bentuk gambar-gambar tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti, sampai informasi yang kemudian dikenal dengan internet.
Informasi yang dikelola dan disampaikan dan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis seperti taktik perang.
Saat ini teknologi informasi dan komunikasi bekembang sangat pesat sehingga dimanfaatkan dalam berbakai aktivitas karena dapat memudahkan pekerjaan kita. Tetapi jika teknologi informasi dan komunikasi memiliki dampak yang positif bagi kehidupan, itu juga berarti memiliki dampak negatif.

v  Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk mengambil keputusan.
Teknologi komunikasi merupakan perluasan dari ilmu komunikasi dengan basis teknologi seperti wireless, internet, faximille, komputer dan sebagainya. Dengan adanya teknologi tersebut diharapkan tidak ada lagi batasan waktu/jarak dalam berkomunikasi.
Teknologi informasi dan teknologi komunikasi tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling mendukung. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita, bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.

v  Hubungan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dengan Dunia Pendidikan
Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki banyak bidang dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Pada zaman dahulu mungkin kebanyakan sistem pendidikan adalah mengandalkan tatap muka antara guru dan murid, dosen dan mahasiswa, pelatih dengan peserta latihan, bagaimanapun merupakan sasaran empuk yang paling mudah menjadi sasaran bagi suara-suara kritis yang menghendaki peningkatan kulitas pada dunia pendidikan, dan jika seandainya peserta didik tersebut ingin belajar dari buku, mungkin jaman dulu harus pergi ke perpustakaan dan mencari buku yang dikehendaki dengan mencari satu persatu sehingga memakan waktu yang cukup lama. Ketidakefektifan adalah kata yang paling cocok untuk sistem ini, sebab seiring dengan perkembangan zaman, pertukaran informasi menjadi semakin cepat dan instan, namun institut yang masih menggunakan sistem tradisional ini mengajar (di jenjang sekolah tinggi kita anggap memberikan informasi) dengan sangat lambat dan tidak seiring dengan perkembangan IT.
Pada jaman sekarang penggunaan teknologi informasi khususnya komputer kini sudah menjadi mata pelajaran wajib disekolah-sekolah, mulai sekolah dasar hingga ke sekolah lanjutan atas dan sekolah kejuruan. Namun, demikian yang paling besar pengaruhnya adalah di Perguruan Tinggi, dimana hampir semua perguruan tinggi di Indonesia sudah memanfaatkan teknologi ini dalam perkuliahannya, baik melalui tatap muka maupun secara online. Sebagai contoh seorang dosen dalam menyampaikan materinya tidaknya hanya mengandalkan media konvensional saja, melainkan sudah menggunakan unsur teknologi di dalamnya. Biasanya seorang dosen atau guru di Perguruan Tinggi tertentu dalam menyampaikan materi kuliah ditampilkan dalam bentuk slide presentasi dengan bantuan komputer.

v  Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Pendidikan
Teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan, sebab pendidikan merupakan kebutuhan manusia dan informasi juga demikian. Teknologi informasi yang paling kontras saat ini adalah internet. Adanya internet memudahkan kita mengakses informasi yang awalnya sulit untuk didapatkan. Bahkan informasi yang didapatkan pun tidak memerlukan waktu seperti saat kita mencari informasi di perpustakaan yang manual. Sudah banyak sekali bukti internet memudahkan kita dalam mengerjakan tugas.
Setelah adanya internet, orang berfikir untuk mengadakan aktivitas pendidikan yang berbasis internet, dan lahirlah beberapa aplikasi yang sebenarnya sudah digunakan dinegara lain, diantaranya :
1.      E-learning, yaitu suatu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. E-learning juga merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi sehingga dapat menyampaikan pembelajaran dalam jangkauan yang luas.
2.      Distance Learning (online), pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar yang dapat berupa jarak fisik. Pada sistem pendidikan pelatihan ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak harus berada dalam lingkungan geografi yang sama.
3.      Cyber University/Virtual University, dapat menyediakan pembelajaran yang dapat diakses oleh orang banyak. Cyber university/virtual university merupakan format distance learning yang memberikan gelar (degree kepada pesertanya). Cyber university dapat menghubungkan beberapa universitas untuk sharring resources, meningkatkan kemampuan dan kualitas bersama serta tidak adanya batasan wilayah.
4.      Perpustakaan Digital, dalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek inforamsi tersebut melalui perangkat digital. Layanan ini dapat mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi obyek informasi seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat dan akurat.

v  Kendala-kendala Dalam Penerapan Aplikasi Teknologi Informasi
Teknologi informasi memiliki manfaat yang sangat banyak. Tapi, selain itu masih banyak kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri. Diantaranya :
1.      Kurangnya ketersediaan sumber daya manusia
2.      Kurang siapnya proses transormasi teknologi
3.      Belum memadainya infrastruktur telekomunikasi
4.      Belum memadainya perangkat hukum yang mengaturnya
5.      Memerlukan biaya yang cukup tinggi
6.      Belum meratanya jaringan di seluruh Indonesia


v  Kesimpulan
Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah memasuki banyak bidang dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Hadirnya teknologi informasi terutama internet memiliki dampak positif dan negatif. Adapun dampak positif dari teknologi informasi dan komunikasi bari dunia pendidikan yaitu :
1.      Teknologi informasi mempermudah dalam pendidikan, baik dalam proses,penerapan pemahaman serta penguasaan dibidang pendidikan.
2.      Teknologi adalah tolak ukur kemajuan.
3.      Pendidikan dapat dilakukan meskipun jarak fisik antara pendidik dan peserta didik berjauhan.
4.      Peserta didik dapat memperoleh materi pendidikan lebih cepat.

Selain itu, ada juga dampak negatifnya, yaitu :
1.      Penyebab utama sikap malas karena kemudahan yang diberikan.
2.      Menjadi konsumtif karena teknologi informasi menyediakan hal yang serba instan, otomatis berpengaruh pada pikiran kita seakan – akan teknologi adalah kebutuhan primer yang kemudian berpengaruh pada lifestyle.

v  Saran-saran
1.      Mengingat jamannya segala teknologi dan disetiap sekolah pelajaran TIK sudah diwajibkan, diharapkan setiap sekolah mempunyai fasilitas komputer yang lengkap sehingga siswa tidak hanya diajarkan teori saja karena teknologi informatika pada dasarnya 75% Praktek dan 25 % diberikan teori,
2.      Untuk guru bidang Studi TIK sebaiknya khusus dari Sarjana ST karena dengan demikian guru tersebut mengerti apa-apa yang sebenarnya harus di berikan dalam proses belajar.



DAFTAR PUSTAKA

Kuyud (2008). Dampak Positif dan Negatif Akibat Perkembangan Teknologi Internet. From : http://yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatifakibat- perkembangan-teknologi-internet/, 28 Oktober 2010

Setiawan, Wawan (2009). Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : UPI Press.

Deksa (2008). Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi. From : http://deksa-teknologi.blogspot.com/2008/09/dampak-positif-dan-negatifperkembangan. html, 28 Oktober 2010

Ida (2008). Implikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. From : http://idakirei.wordpress.com/2008/06/04/implikasi-teknologi-informasi dankomunikasi- dalam-dunia-pendidikan/, 28 Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar