Ø Sejarah World Wide Web
Sejarah Web bermula di
European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di
kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu
organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim
Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem
distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang
tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan
informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat
dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan
nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk
melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk
komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang
bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows.
Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center
for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc
Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem
X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam
beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama
maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic
lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh
Pada tahun 1994, Marc
Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri
dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini
menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini
Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari
Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN
dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium
(W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya,
sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di
akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site.
Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an
juta pemakai diseluruh dunia.
Ø Pengertian WWW (World Wide Web)
WWW atau sering
disebut sebagai “web” adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan
di server-server yang terdapat diseluruh dunia. Dokumen web tersebut
dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermadia, yaitu Hypertext
Markup Languange (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link)
sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Halaman-halaman web yag dibuat
menggunakan HTML digunakan untuk minyimpan informasi. Informasi yang di sajikan
dalam bentuk grafis (dalam format GIF,JPG,PNG),suara (dalam format AU,WAV), dan
objek multimedia lainnya (seperti MIDI,Shockwave,Quicktime Movie,3D World).
WEb dapat diakses ole
perangkat lunak web slient yang sisebut browser. Browser dapat membaca
halaman-halaman web yang tersimpan dalam web server atau
sering tersimpan dalam web server atau yang disebut URL (
Ø Fungsi Website sebagai alat pendukung promosi
Website adalah alat pendukung
promosi, bukan alat promosi utama. Mengakses website dibutuhkan koneksi
internet dan komputer. Ini sangat berbeda dengan media promosi utama lain:
kartu nama, poster, stiker, banner, brosur, media cetak (koran, majalah,
tabloid, dll) dan media elektronik (radio dan tv). Jadi isi website tidak boleh
sekedar memindahkan isi media promosi lain menjadi situs. Tentu saja yang saya
maksud disini, bukan situs sejenis situs portal.
Jadi mengapa kita perlu website
kalau kita sudah berpromosi? Karena calon client membutuhkan informasi lebih
dari sekedar yang ada di media promosi lain. Ini sebabnya juga website harus
dirancang dengan baik serta dapat menampilkan citra dari produk/jasa kita.
Sebagai alat pendukung promosi, website mempunyai keuntungan
sebagai berikut:
ü Informasi detail dan tuntas dari
produk dan jasa kita.
Bandingkan dengan iklan (yang
mempunyai space terbatas) bahkan di sebuah kartu nama. Dengan melihat di kartu
nama tertera alamat website, calon pelanggan akan mengakses situs kita sebelum
menghubungi kita, untuk dapat mengenali lebih jauh tentang kita. Contoh lain
mungkin seperti barang elektronik, dalam iklan akan singkat sekali, tapi di
website kita bisa menuliskan sampai detail technical spesification.
ü Tampilan yang baik akan memberi
image yang baik ke calon pelanggan
Pada
saat mengunjungi situs kita, calon pelanggan akan menangkap image tentang kita.
Situs yang baik dengan isi/content menarik pasti akan menarik calon pelanggan
untuk menghubungi langsung. Peran copywriter disini sangat diperlukan untuk
situs yang serius. Walaupun media lain juga memberikan image, website mempunyai
kelebihan content yang bisa lebih banyak.
ü Isi yang selalu up-to-date
Pengunjung
akan selalu berhadapan dengan informasi terkini dari produk/jasa kita, selama
kita selalu mengupdate informasi tersebut. Untuk media promosi lain, kebanyakan
kita harus merancang ulang.
ü Salah satu identitas
Saat ini, alamat website menjadi
salah satu identitas. Setiap pengiriman email mengunakan ekstensi domain dari
website kita. Agak sulit dibayangkan saat ini, jika perusahaan besar tidak
memiliki alamat website. Paling tidak untuk emailnya saja.
Ø Fasilitas di World Wide Web
Internet sering disebut
sebagai rimba raya informasi dengan sekian banyak layanan yang bisa
dimanfaatkan semaksimal mungkin, bahkan cukup banyak yang gratis. Inilah yang
menjadi salah satu daya tarik internet saat ini. Dan kalo diamati lagi, bahwa
sebenarnya semuanya adalah World Wide Web dengan beragam layanan yang
ditawarkan. Berikut ini beberapa jenis layanan WWW yang perlu diketahui, antara
lain :
1. Web Mail Service
Salah
satu layanan yang paling banyak digunakan orang di internet adalah email, dan
untuk bisa saling berkirim email kita harus memiliki email account tertentu.
Saat ini sudah cukup banyak situs web yang memberikan email account secaa
gratis tanpa bayar. Kita bisa langsung memesan sebuah email account dengan nama
tertentu sesuai dengan keinginan kita. Contoh : mail.yahoo.com,
www.hotmail.com, dll.
2. Search Engine
Seringkali
kita memerlukan untuk mencari sesuatu dari web, akan tetapi kita belum
mengetahui dimanakah alamat situs web yang memberikan layanan atau informasi
tersebut. Padahal jumlah situs web saat ini sudah mencapai ratusan juta situs
dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Untuk itu kita memerlukan sebuah
aplikasi bantu yang akan mencari apa yang kita butuhkan di situs-situs web.
Alat bantu itu disebut Search Engine. Dengan search engine kita akan cepat
menemukan alamat situs yang berisi informasi yang kita butuhkan. Contoh situs
search enngine : www.google.com, www.yahoo.com, dll.
3. Web Hosting
Setelah
proses design dan proses penyusunan sebuah situs web selesai, maka selanjutnya
kita akan upload situs tersebut di internet. Untuk itu kita memerlukan web
space untuk meletakkan situs yang telah jadi itu. Bila kita berlangganan pada
sebuah ISP, biasanya kita diberikan space khusus untuk keperluan ini. Akan
tetapi bila tidak demikian, kita dapat menggunakan layanan web hosting gratis
yang ditawarkan di internet. Contoh situs yang menawarkan web hosting gratis
yaitu : www.geocities.com,
www.coolfreepages.com,
www.lonex.com, dll.
4. Portal.
Kalau
dalam dunia nyata kita kenal mall atau plaza, yang menyediakan semua yang kita
butuhkan saat belanja, maka di dunia maya pun ada fasilitas seperti ini. Di
dalam satu situs web, tidak hanya menawarkan satu layanan saja, tetapi
bermacam-macam layanan sekaligus. Situs seperti ini, disebut sebagai portal.
Contoh portal: www.yahoo.com, www.astaga.com, dl
Ø Kesimpulan
Web
merupakan aplikasi client – server yang dirancang agar pemakai dapat mengambil
informasi atau dokumen di internet tanpa harus mengetahui dimana informasi
tersebut disimpan. Ha ini dapat diartikan, untuk mencari informasi diinternet
tidak perlu harus mengetahui nama file dan di direktori mana dokumen disimpan,
tetapi cukup mengetahui alamat websitenya. Alamat web di internet disebut
URL (Uniform Resource Locator)
Website adalah alat pendukung
promosi, bukan alat promosi utama. Mengakses website dibutuhkan koneksi
internet dan komputer. Ini sangat berbeda dengan media promosi utama lain:
kartu nama, poster, stiker, banner, brosur, media cetak (koran, majalah,
tabloid, dll) dan media elektronik (radio dan tv)
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.tunardy.com/world-wide-web-dan-email/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar